Tips HP Awet dan Tahan Lama, Kamu Harus Coba

Hai Kokkikers, kali ini kita akan membahas tentang tips agar HP kita tetap awet dan tahan lama. HP atau handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang, sehingga kita perlu memperlakukan HP dengan baik agar tidak mudah rusak atau cepat rusak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Kokkikers lakukan:

1. Gunakan Casing dan Screen Protector

Agar HP tidak mudah rusak, Kokkikers bisa menggunakan casing dan screen protector. Casing dan screen protector bisa melindungi HP dari goresan dan benturan yang bisa merusak HP. Pastikan casing dan screen protector yang dipilih sesuai dengan tipe HP yang digunakan.

2. Hindari Suhu yang Terlalu Panas

HP bisa rusak jika terkena suhu yang terlalu panas. Oleh karena itu, hindari meletakkan HP di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas seperti oven dan kompor. Hindari juga membiarkan HP terlalu lama di dalam mobil yang terkena sinar matahari.

3. Jangan Terlalu Sering Mengisi Daya HP

Mengisi daya HP terlalu sering bisa merusak baterai. Sebaiknya, isi daya HP saat baterai sudah benar-benar habis atau saat level baterai sudah mencapai di bawah 20%. Selain itu, hindari mengisi daya HP semalaman atau terlalu lama karena hal ini bisa membuat baterai cepat panas dan merusak baterai.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hapus aplikasi yang tidak digunakan bisa membantu menghemat ruang penyimpanan di HP. Selain itu, terlalu banyak aplikasi yang terpasang di HP juga bisa membuat HP menjadi lemot dan cepat panas. Jadi, pastikan hanya menginstal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

5. Gunakan Charger yang Berkualitas

Gunakan charger yang berkualitas dan sesuai dengan tipe HP yang digunakan. Hindari menggunakan charger yang murah dan tidak terpercaya karena bisa merusak baterai HP. Selain itu, pastikan kabel charger yang digunakan juga berkualitas dan tidak mudah rusak.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Flash dan Kamera

Terlalu sering menggunakan flash dan kamera bisa membuat HP cepat panas dan memperpendek umur baterai. Oleh karena itu, gunakan flash dan kamera hanya saat dibutuhkan saja.

7. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Matikan fitur yang tidak digunakan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi saat tidak digunakan. Fitur-fitur ini bisa membuat baterai cepat habis dan membuat HP menjadi cepat panas.

8. Hindari Menggunakan HP Saat di Cas

Hindari menggunakan HP saat di cas karena bisa membuat baterai cepat panas dan memperpendek umur baterai. Jika memang harus menggunakan HP saat di cas, pastikan HP dalam kondisi mati atau tidak terlalu sering digunakan.

9. Lakukan Update Perangkat Lunak

Lakukan update perangkat lunak secara teratur untuk menjaga performa HP tetap optimal. Update perangkat lunak bisa membantu mengatasi bug dan masalah keamanan serta meningkatkan kinerja HP.

10. Hindari Menjatuhkan HP

Menjatuhkan HP bisa membuat HP rusak dan memperpendek umur baterai. Oleh karena itu, pastikan HP selalu dalam genggaman yang baik dan hindari meletakkan HP di tempat yang mudah terjatuh.

11. Bersihkan HP Secara Berkala

Bersihkan HP secara berkala untuk menghindari kotoran dan debu yang menempel di HP. Kotoran dan debu bisa membuat HP menjadi cepat panas dan membuat baterai cepat habis. Gunakan kain lembut atau tisu basah yang sudah dicampur dengan alkohol untuk membersihkan HP.

12. Hindari Memakai HP Saat Sedang Charging

Hindari memakai HP saat sedang charging karena bisa merusak baterai HP. Selain itu, memakai HP saat sedang charging juga bisa membuat HP menjadi cepat panas.

13. Gunakan Mode Hemat Daya

Gunakan mode hemat daya saat baterai HP sudah hampir habis. Mode hemat daya bisa membantu menghemat penggunaan baterai dan membuat baterai tahan lebih lama.

14. Jangan Memakai HP di Tempat yang Basah

Jangan memakai HP di tempat yang basah seperti di dekat kolam renang atau di dekat air. Air bisa merusak HP dan membuat HP cepat rusak.

15. Hindari Memakai HP Saat Sedang Berkendara

Hindari memakai HP saat sedang berkendara karena bisa mengganggu konsentrasi dan berbahaya bagi keselamatan. Gunakan hands-free atau car mode jika harus memakai HP saat sedang berkendara.

16. Hindari Menggunakan HP Saat Sedang Meletakkan di Tempat yang Tidak Rata

Hindari menggunakan HP saat sedang meletakkan di tempat yang tidak rata. Hal ini bisa membuat HP mudah tergelincir dan jatuh sehingga merusak HP atau baterainya.

17. Hindari Menggunakan HP Terlalu Lama

Hindari menggunakan HP terlalu lama karena bisa membuat HP cepat panas dan memperpendek umur baterai. Jangan juga terlalu sering memainkan game atau menonton video karena bisa membuat HP menjadi cepat panas.

18. Jangan Memakai HP Saat Sedang Memasak

Jangan memakai HP saat sedang memasak karena bisa membuat HP cepat rusak akibat terkena uap panas atau minyak. Selain itu, uap panas dan minyak juga bisa membuat layar HP cepat kotor dan sulit dibersihkan.

19. Gunakan Casing dan Pelindung Layar

Gunakan casing dan pelindung layar untuk melindungi HP dari goresan dan benturan. Hal ini bisa membantu memperpanjang umur HP dan melindungi layar HP dari kerusakan.

20. Jangan Menjaga HP dalam Kondisi Panas atau Dingin yang Ekstrem

Jangan menjaga HP dalam kondisi panas atau dingin yang ekstrem karena bisa mempengaruhi kinerja baterai dan memperpendek umur baterai. Selalu jaga HP dalam kondisi suhu yang normal dan hindari meletakkan HP di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang terlalu dingin seperti di dalam kulkas.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk menjaga HP agar tetap awet dan tahan lama. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa memperpanjang umur HP dan menghemat biaya untuk membeli HP baru. Jangan lupa untuk selalu merawat HP dengan baik dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak HP.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment